Selasa, 10 Januari 2012

Hubungan Ilmu Sosial Dasar Dengan Jurusan Teknik Informatika

Hubungan Ilmu Sosial Dasar Dengan Jurusan Teknik Informatika

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Dalam perkembangan zaman yang sudah modern ini teknologi informasi sudah sangat berkembang sangat pesat di belahan dunia manapun. Teknologi yang semakin canggih ini memberikan berbagai dampak kepada masyarakat salah satunya adalah di bidang sosial. Pada era modern ini, manusia tidak lagi bersusah payah untuk berkomunikasi dengan orang lain yang tinggal berjauhan darinya. Karena pengetahuan baru telah merubah segalanya alat komunikasi kini semakin canggih. Salah satu contohnya adalah surat, dulu kita bersusah payah untuk menulis surat, mencantumkan kode pos, menempelkan prangko serta memberikan alamat yang jelas, pergi ke kantor pos terlebih dahulu dan harus menunggu tukang pos datang tepat waktu saat mengantar surat. Sekarang hanya dengan genggaman tangan anda komunikasi sudah menjadi sangat mudah.

Kita menetap disuatu tempat saja informasi dapat menyebar secara mudah lewat teknologi yang canggih atau yang sering kita sebut dengan ‘internet’ . Dimana-mana orang-orang menggunakan internet untuk mencari segala macam informasi entah melewati komputer, handphone, bahkan ipod dan PSP karena benda-benda tersebut dapat mendeteksi wi-fi.

1.2 Maksud dan Tujuan Penulisan

Maksud dan tujuan penulisan ini adalah mengetahui perkembangan teknologi informasi yang berkaitan dengan hubungan sosial masyarakat serta manfaat dan dampak yang diperoleh dari perkembangan teknologi informasi dalam ilmu sosial.

1.3 Perumusan Masalah

Berdasarkan uraian latar belakang di atas maka dapat ditentukan rumusan masalah dalam makalah ini seperti:

  1. Bagaimana hubungan sosial masyarakat terhadap perkembangan teknologi zaman sekarang yang sudah berkembang?
  2. Apakah ada dampak terhadap perkembangan teknologi terhadap interaksi social masyarakat?

BAB II

ISI

2.1 Teori Berdasarkan Sumber

Kata teknologi secara harfiah berasal dari bahasa Latin ”texere” yang berarti menyusun atau membangun. Sehingga istilah teknologi seharusnya tidak terbatas pada penggunaan mesin, meskipun dalam arti sempit hal tersebut sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Menurut Roger (1983) teknologi adalah suatu rancangan (desain) untuk alat bantu tindakan yang mengurangi ketidakpastian dalam hubungan sebab akibat dalam mencapai suatu hasil yang diinginkan. Suatu teknologi biasanya mempunyai dua aspek yaitu aspek hardware (terdiri dari material atau objek fisik) dan aspek software (Jacques Ellul (1967) mengartikan teknologi sebagai keseluruhan metode yang secara rasional mengarah dan memiliki ciri efisiensi dalam setiap kegiatan manusia. Gary J. Anglin (1991) mendefinisikan teknologi sebagai penerapan ilmu-ilmu perilaku dan alam serta pengetahuan lain secara bersistem dan menyistem, untuk memecahkan masalah (Yusufhadi Miarso, 2004).

Pengertian KomunikasiKomunikasi adalah suatu proses penyampaian pesan (ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain agar terjadi saling mempengaruhi diantara keduanya. Pada umumnya, komunikasi dilakukan dengan menggunakan kata-kata (lisan) yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak. Apabila tidak ada bahasa verbal yang dapat dimengerti oleh keduanya, komunikasi masih dapat dilakukan dengan menggunakan gerak-gerik badan, menunjukkan sikap tertentu, misalnya tersenyum, menggelengkan kepala, mengangkat bahu. Cara seperti ini disebut komunikasi dengan bahasa nonverbal.Menurut Laswell (1979) agar komunikasi bisa berlangsung dengan baik harus memiliki komponen-komponen komunikasi yaitu:

1. Pengirim atau komunikator (sender) adalah pihak yang mengirimkan pesan kepada pihak lain.

2. Pesan (message) adalah isi atau maksud yang akan disampaikan oleh satu pihak kepada pihak lain.

3. Saluran (channel) adalah media dimana pesan disampaikan kepada komunikan. dalam komunikasi antar-pribadi (tatap muka) saluran dapat berupa udara yang mengalirkan getaran nada/suara.

4. Penerima atau komunikate (receiver) adalah pihak yang menerima pesan dari pihak lain.

5. Umpan balik (feedback) adalah tanggapan dari penerimaan pesan atas isi pesan yang disampaikannya.

Menurut Harry Oshima (1976) teknologi komunikasi dalam masyarakat yang menganut strategi pembangunan ”labor intensive” akan mempunyai peranan:• Menimbulkan revolusi pertanian• Mempromosikan industri kecil• Pengembangan sosial politik• Mengatasi oposisiAlvin Tofler (1980) berpendapat bahwa industri elektronik dan komputer sebagai ”tool of tomorrow” merupakan tulang punggung industri dalam era Gelombang ke-3, dan yang akan membawa perubahan besar dalam perekonomian dan sosial politik. Lebih jauh dia mengemukakan bahwa teknologi komunikasi telah mampu mengurangi transportasi, dan berakibat pada gerakan de-urbanisasi, bahkan telah mendorong tumbuhnya telecommunity. Menurutnya keputusan Presiden Soeharto untuk membangun sistem komunikasi dengan satelit domestik merupakan lambang bahwa Gelombang ke-3 memberikan kemungkinan pilihan bagi negara yang melakukan transformasi.Teknologi komunikasi di Indonesia mendapat perhatian yang sangat besar dari pemerintah terbukti dengan adanya undang undang yang mengatur tentang telekomunikasi yaitu UU. No. 36 tahun 1999. Bobot misi telekomunikasi/ telematika tertuang pada pasal 3 yang berbunyi:”Telekomunikasi diselenggarakan dengan tujuan untuk mendukung persatuan dan kesatuan bangsa, meningkatkan kesejahteraan, dan kemakmuran rakyat secara adil dan merata, mendukung kehidupan ekonomi dan kegiatan pemerintahan, serta meningkatkan hubungan antar bangsa”

2.2 Studi Kasus

Kasus Nova-Ari, Sisi Negatif Jejaring Sosial

Rabu, 10 Februari 2010

INILAH.COM, Jakarta – Marieta Nova Traiani (14) berkanalan dengan Febriari (18) di situs jejaring sosial facebook. Dari situlah akhirnya Ari merenggut keperawanan Nova. Inilah sisi negatif dari jejraing sosial yang mulai marak di Indonesia.

Hal itu diungkapkan anggota Fraksi Partai Golkar Fayakhun Andriadi. Ia mengatakan, sebuah renungan sehubungan hari jadi insan pers Indonesia adalah dengan memulai mengangkat kasus kejahatan dunia siber (cyber world), terkait dengan prostitusi melalui dunia maya.

\“Yang terbaru, masyarakat kembali dihebohkan oleh kasus hilangnya Marieta Nova Triani, gadis belia berumur 14 tahun di rumah keluarganya di kawasan Bumi Serpong Damai. Tersiar kabar, gadis yang akrab disapa Nova dalam jejaring pertemanan facebook ini, diculik atau dibawa kabur oleh teman lelakinya,” katanya di Jakarta, Rabu (10/2).

Lalu, sambung dia, status Nova yang bertuliskan ‘married’ dengan Arie menyebar pemahaman, sosok laki-laki ini bukan sekedar teman, namun sudah selayaknya suami-istri.

“Persoalan menjadi rumit, sebab kedua orang tua Nova tak mengetahui hubungan itu,” tuturnya lagi.

Karenanya, Fayakhun berpendapat, fenomena cyber world yang mewabah kurang lebih sejak satu dasawarsa lalu ini, tidak hanya menghadirkan sisi positif, tapi juga negatif.

“Paling tidak, jika kita merujuk pada beberapa kasus yang terjadi belakangan ini. Tegasnya, teknologi informasi (TI) ibarat pisau bermata dua. Di satu sisi, ia memberi manfaat dengan mendukung pengembangan dan penyebaran ilmu pengetahuan dan teknologi. Di sisi lain, menciptakan jaringan dan hubungan yang memungkinkan pesan-pesan negatif diterima dan diakses tanpa filter,” jelasnya.

2.3 Pembahasan

Dari studi kasus diatas, ada beberapa point yang dapat diambil selain dampak positif penggunaan jejaring sosial yang marak di masyarakat, ada juga dampak negatif dari penggunaan jejaring sosial seperti facebook, twitter dan lain sebagainya.

Dampak positif kita dapat menjalin pertemanan dengan orang lain di tempat yang berbeda serta berjauhan. Jejaring sosial seperti facebook juga dipakai sebagai tempat berbelanja atau lebih dikenal sebagai ‘online shop’ yang dijadikan sarana bisnis online. Jaringan sosial juga dapat menjadi tempat ajang promosi atau iklan.

Adapun dampak negatif nya bila tidak hati-hati dalam penggunaan facebook misalnya banyak kejahatan oknum-oknum penipu yang menipu korbannya karena kita belum terlalu kenal asal usul orang tersebut. Atau kejahatan oknum penjual online shop yang menipu customernya seperti pembeli sudah mentransfer sejumlah uang kepada pemilik rekening bisnis online tetapi barang yang sudah dipesan tidak kunjung datang kerumah. Atau kasus lain , komplotan penipu mengincar para pelaku usaha yang melakukan penjualan atau promosi di situs atau pun blog. Modusnya sebenarnya hampir sama dengan penipuan undian berhadiah. Sang korban yang terbujuk rayu diarahkan ke ATM untuk dipandu, hingga tanpa disadarinya uang tabungannya akan berpindah ke tangan pelaku.

BAB III

PENUTUP

3.1 Simpulan

Semakin berkembangnya ilmu pengetahuan teknologi memang menguntungkan bagi kita karena segala informasi dapat diakses dengan mudah tetapi, selama kita menggunakannya dengan cara yang baik segala hal positif dapat kita rasakan. Jadi, teknologi yang berkembang diciptakan untuk menguntungkan dan mempermudah manusia bukan untuk merugikan manusia.

3.2 Daftar Pustaka

  1. http://www.inilah.com/read/detail/335932/URLKARIKATUR
  2. http://muchroji.multiply.com/journal/item/3827
  3. http://wijayalabs.wordpress.com/2008/06/15/landasan-teori-dan-teknologi-komunikasi/
  4. http://www.slideshare.net/reneeshable/teori-media-dan-teori-kemasyarakatan
  5. http://defickry.wordpress.com/2007/08/09/teori-komunikasi-klasik-teori-informasi/
  6. http://pandanwulan.wordpress.com/2011/10/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar